Berita

MONUMEN TUGU MAKHLANI SUSUKAN

MONUMEN TUGU MAKHLANI SUSUKAN

 

Selain terdapat di Desa Bandingan Kecamtan Sigaluh, monumen bertemakan perang gerilya juga terdapat di kecamatan Susukan. Lokasinya di desa Susukan tepatnya di sebelah selatan jalan raya Banyumas-Banjarnegara. Monumen ini sebagai tanda dilokasi tersebut dulunya menjadi salah satu tempat pertempuran perang gerilya yang dipimpin oleh Letda Makhlani.

Dalam prasasti yang tertulis di badan monumen diceritakan bahwa dilokasi tersebut dulu terjadi peristiwa penyergapan pos anjing NICA tentara Belanda oleh pasukan gabungan seksi Gembong Singo Yudho pimpinan Letda Makhlani yang terjadi pada tanggal 4 April 1949 jam 16.00. dari peristiwa tersebut, 2 orang tentara Belanda berhasil tertawan dan berhasil merampas 2 pistol mitraliur serta 5 senapan. Monumen ini sendiri diresmikan pada 22 Agustus 1987.

Dalam sejarah dituliskan bahwa NICA merupakan tentara Belanda yang membonceng sekutu yang bertugas mengontrol Indonesia setelah Jepang menyerah tanpa syarat kepada sekutu pada Perang Dunia II.

NICA ini organisasi yang didirikan orang-orang Belanda yang melarikan diri ke Australia setelah Belanda menyerah pada Jepang. Organisasi ini semula didirikan dan berpusat di Australia. Keadaan bertambah buruk karena NICA mempersenjatai kembali KNIL setelah dilepas oleh Sekutu dari tawanan Jepang. Adanya keinginan Belanda berkuasa di Indonesia menimbulkan pertentangan, bahkan diman-mana terjadi pertempuran melawan NICA dan Sekutu. Termasuk juga pertempuran terjadi di wilayah Banjarnegara.

 

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.